Sapi Pemakan Sampah Tidak Layak Kurban

Written By kom enampulpat on Selasa, 23 Oktober 2012 | 13.06

FOKUS


indosiar.com, Solo - (Selasa, 23.10.2012) Teliti sebelum membeli hewan kurban. Jangan membeli sapi pemakan sampah. Di TPA Puteri Cempo Solo, Jawa Tengah, ada sekitar 800 sapi yang digembalakan. Sapi ini tidak layak di konsumsi, apalagi dijadikan hewan kurban, karena digembalakan di TPA. Bila memang harus dikonsumsi, sebaiknya dikarantina terlebih dahulu selama enam bulan.

Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puteri Cempo, ada ratusan ekor sapi yang digembalakan. Sapi – sapi ini setiap hari menikmati pakannya, yakni sampah organik. Dari hasil penelitian dinas Pertanian Kota Solo, sapi di daerah ini tidak layak untuk dijadikan kurban atau dikonsumsi, karena dari hasil penelitian, di tubuhnya mengandung logam berat timbal yang melebihi batas kewajaran, sehingga berbahaya untuk kesehatan.

Di TPA ini terdapat sekitar 800 ekor sapi. Dinas Pertanian setempat sudah lama mengeluarkan larangan untuk mengembala ternak di TPA ini. Namun pemilik ternak mengabaikannya, karena mereka menggantungkan sampah organik TPA ini, sebagai pakan utama sapi.

Sejauh ini pemilik sapi di TPA Puteri Cempo tidak menjual sapinya ke pedagang di kota Solo. Mereka lebih menjualnya ke luar kota. Alasannya menurut mereka karena pedagang lokal enggan membeli sapi dari TPA Puteri Cempo, apalagi maraknya pemberitaan bahwa sapi Puteri Cempo tidak layak konsumsi.

Bagi konsumen yang akan membeli sapi untuk kurban baiknya berhati hati jangan tergiur dengan harga yang murah, namun jika terpaksa harus membeli sapi dari TPA Puteri Cempo ini, jangan langsung disembelih, melainkan dikarantina terlebih dahulu, setidaknya selama enam bulan. (Ganug Nugroho Adi/Sup)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sapi Pemakan Sampah Tidak Layak Kurban

Dengan url

http://nontontulisan.blogspot.com/2012/10/sapi-pemakan-sampah-tidak-layak-kurban.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sapi Pemakan Sampah Tidak Layak Kurban

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sapi Pemakan Sampah Tidak Layak Kurban

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger